Daerah Minggu, 27 Maret 2022 | 18:03

Cara PT KAI Daop 3 dan SPKA Cirebon Sambut Bulan Suci Ramadan 1443 H 

Lihat Foto Cara PT KAI Daop 3 dan SPKA Cirebon Sambut Bulan Suci Ramadan 1443 H  PT KAI bersama SPKA dan Komunitas Pecinta KA Edan Sepur - Cirebon sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang. (Foto: Opsi/PT KAI)
Editor: Yohanes Charles

Cirebon - Jelang Ramadan PT KAI Daop 3 Cirebon bersama bersama Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA) dan Komunitas Pecinta KA Edan Sepur - Cirebon menyelenggarakan kegiatan sosialisasi keselamatan di perlintasan Jalan Kartini Kota Cirebon dan acara cuci lokomotif di Dipo Lok Cirebon.

Ketua DPP SPKA Edi Suryanto mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk rasa syukur menyambut bulan suci Ramadan 1443H.

"Serta sebagai sarana untuk kembali mengingatkan masyarakat akan pentingnya budaya disiplin berlalu lintas terutama akan melintas di perlintasan, hari ini, jajaran SPKA bersama jajaran management KAI Daop 3 Cirebon serta komunitas pecinta KA, menyelenggarakan aksi simpatik di perlintasan Jalan Kartini - Cirebon," tutur Edi.

Dia berharap dengan dilaksanakannya kegiatan simpatik tersebut, dapat menggugah masyarakat agar selalu mematuhi rambu lalu lintas ketika melintas di perlintasan sebidang.

Kegiatan sosialisasi keselamatan di perlintasan tersebut diisi dengan orasi seputar aturan perkeretaapian, serta pembagian souvenir sebanyak 500 pcs, berupa boneka, stiker dan masker kepada para pengguna jalan raya yang melintas.

Tercatat di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon telah terjadi kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang pada tahun 2018 sebanyak 35 kejadian, tahun 2019 sebanyak 22 kejadian, tahun 2020 sebanyak 9 kejadian dan tahun 2021 sebanyak 8 kejadian.

Setelah acara di perlintasan, para peserta kegiatan melanjutkan dengan mencuci lokomotif di Dipo Lokomotif Cirebon. 

Secara antusias, para pecinta KA bersama para anggota SPKA melaksanakan kegiatan cuci Lokomotif CC 201 83 31 yang bermotifkan Livery Vintage yang menjadi ikon lokomotif versi jadul/heritage. 

Motif Livery Vintage sempat menghiasi motif lokomotif oleh KAI selama 38 tahun (1953 - 1991). Motif ini kembali diluncurkan pada lokomotif jenis CC 201 83 31 pada tanggal 28 Februari 2021.

Sebagai penutup rangkaian acara semarak menyambut bulan Ramadan 1443H ini, diadakan acara santunan kepada anak yatim dan doa bersama.

"Semoga pada bulan Ramadan tahun ini Bangsa Indonesia bisa segera mengatasi persoalan pandemi Covid -19, dan transportasi perkeretaapian selalu dilimpahkan dengan keselamatan," pungkas Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Suprapto. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya